• Breaking News

    Saturday, December 30, 2017

    Hotel Antariksa Rusia akan Bertarif 40 Juta Dolar AS per Dua Pekan

    Tobapos -- Kabar Rusia bakal membangun sebuah hotel mewah pertama di luar angkasa memang sudah berhembus sejak 2010.

    Namun kini, Negeri Beruang Merah tersebut akhirnya benar-benar mewujudkan rencananya dengan membangun sebuah hotel bintang lima di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS, International Space Station).

    Dikutip dari Popularmechanics, Jumat (22/12/2017), hotel mewah di orbit bumi ini bakal sedikit berbeda dengan hotel mewah di bumi. Hotel bintang lima ambisi Rusia ini akan memiliki kabin privat dengan jendela yang lebar 16 inchi, fasilitas higienis personal, peralatan fitnes dan WiFi.

    Dengan menginap atau berada di hotel mewah ini, pengguna bisa punya kesempatan menjalankan pengalaman yang berbeda, yakni berjalan di antariksa dengan didampingi kosmonaut profesional.

    Langkah Rusia untuk mengelola bisnis wisata antariksa memang serius. Pada pekan ini, Roskosmos State Corporation telah meninjau rencana bisnis tempat nyaman di ISS.

    Hotel mewah ini berupa modul bernama NEM-1. Modul ini panjangnya 15,5 meter dan bobot 20 ton ini bakal menyediakan ruangan bertekanan 92 meter kubik.

    Modul yang nantinya akan ditambatkan di ISS ini, akan menampung empat ruang tidur, masing-masing berukuran sekitar dua meter kubik. Selain kamar, modul ini punya dua stasiun bersih dan media yang ukurannya sama dengan kamar tersebut.

    Modul NEM-1 saat ini sedang dibangun oleh Rusia. Dijadwalkan modul ini meluncur ke antariksa pada 2021.

    Model bisnis

    Dalam paket wisata antariksa ini, Rusia menawarkan paket pelesiran satu atau dua pekan dengan biaya US$40 juta per orang. Biaya itu sudah termasuk untuk merasakan pengalaman berjalan di antariksa.

    Jika ingin waktu pelesiran bertambah lama, Rusia memperpanjang waktu wisata antariksa satu bulan, tentu per orang dikenai tambahan biaya US$20 juta.

    Biaya pembuatan modul hotel mewah itu diperkirakan menelan US$279 sampai 446 juta. Biaya ini memang sangat besar, untuk itu kontraktor stasiun ruang angkasa utama Rusia, RKK Energia akan mengembangkan pendapatan yang bisa menutup pembiayaan tersebut.

    Caranya, RKK Energia akan menerbangkan dua turis pada tiap penerbangan kapsul Soyuz ke ISS. Tiap penerbangan komposisinya dua turis dan satu kosmonaut profesional.

    Dengan empat penerbangan Soyuz sepanjang tahun, akan memungkinkan untuk menerbangkan hingga enam turis antariksa tiap tahunnya. Dengan menjalankan skema itu, RKK Energia meyakini bisa menutup biaya modul dalam waktu tujuh tahun berjalan.

    Untuk menekan biaya pelesiran ini, RKK Energia ingin menerbangkan 12 turis dengan skema pembayaran sekitar US$4 juta di muka. Turis kemudian diberikan kesempatan mencicil pembayaran US$12,6 juta dalam dua tahun jelang penerbangan, serta melunasi pembayaran akhir US$10,8 juta jelang hari penerbangan.  (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email