• Breaking News

    Thursday, January 25, 2018

    Ini Beberapa Jenis Senjata Turki yang Belum Muncul di Konflik Suriah

    Tobapos -- Konflik sering berubah menjadi ajang uji coba persenjataan dari pihak bertikai, khususnya oleh negara-negara yang mendukungnya. Begitu juga dengan konflik Suriah.

    Rusia misalnya melahirkan beberapa jenis persenjataan hasil dari pembelajaran di Suriah, seperti modernisasi drone, tank robot untuk perang perkotaan dan lain sebagainya.

    Iran juga menguji coba berbagai peralatan tempurnya di ajang ini. Tak ketinggalan dengan pemerintah Suriah sendiri yang berhasil mengembangkan Sarab Active Protection System atau Mirage-1 (baca) untuk melindungi tank dari serangan rudal.

    Negara seperti Turki yang semakin terseret dalam konflik, khususnya di Afrin (operasi Cabang Zaitun) baru-baru ini, diperkirakan juga belajar dari operasi Perisai Eufrat sebelumnya.

    Namun, milisi kelompok Kurdi YPG dinilai bukanlah musuh yang mudah dikalahkan. Mereka didukung oleh milisi asing Eropa, Tiongkok, Jepang dan tentunya Rusia di Afrin dan Amerika Serikat di kantong Kurdi lainnya. Para milisi ini diduga terlatih sebagai pasukan khusus.

    Pergerakan pasukan Turkipun dinilai lambat walau didukung oleh pihak oposisi Suriah.

    Walau pun begitu ada beberapa persenjataan Turki di Suriah yang dinilai belum kelihatan di media, padahal sudah diproduksi negaranya, berikut ini adalah contohnya:

    1. Aselsan Korhan




    Kendaraan infantri lapis baja ini sudah lama dirancang dan ditampirkan dalam sebuah pameran militer baru-baru ini. (baca).

    Kendaraan tank ini diyakini merupakan generasi termutakhir yang sudah disesuaikan dengan berbagai kondisi tempur.





    Kendaraan lapis baja ini juga telah didukung dengan sistem perlindungan AKKOR setara dengan milik AS dan Rusia

    2. Akkor



    Tertembaknya tank-tank buatan Jerman oleh pasukan YPG dan juga oleh ISIS dalam operasi sebelumnya, membuat Turki semakin mematangkan sistem perlindungan untuk melawan senjata anti-tank.

    Aselsan dilaporkan sudah mengembangkan AKKOR untuk menjawab tantangan tersebut.

    3. Cirit




    Cirit merupakan sistem roket kendali 70 mm yang dapat digunakan di pesawat, helokopter maupun di tank.

    Roket ini juga dapat digunakan dalam multi laras (MLRS) dengan berkendali atau tidak. Indonesia memproduksi roket jenis ini dan disebut NDL-40 buatan PT DI.

    Cirit sudah dalam bentuk sebuah sistem yang didalamnya termasuk sistem kendali. Penggunaak roket ini dapat menarget musuh di darat maupun udara yang bersembunyi dengan tepat tanpa melukai non sasaran.

    4. Hisar

    Hisar merupakan sistem pertahanan udara untuk mengahalau pesawat, helikopter maupur rudal musuh.



    Sayangnya beberapa kota pertabatasan di Turki sempat menjadi sasaran empuk roket YPG. Beberapa orang meninggal dunia.

    5. Drone

    Turki memiliki drone ANKA dan jenis lainnya. Kiprah mereka ditunggu untuk menhancurkan roket-roket musuh sebelum diluncurkan.


    6. ASYA

    ASYA merupakan baju tempur pasukan Turki di masa mendatang. Dengan peralatan exosceleton ini pasukan Turki akan beerubah setangguh 'Iron Man'



    7. Bora

    Bora merupakan rudal artileri Turki yang dikembangkan secara lokal. Tapi sejak awal militer Turki telah mengambil komitmen tak ingin meratakan rumah-rumah warga sipil seperti yang dilakukan Rusia, pemeritah Suriah dan Amerika Serikat, untuk menguasai sebuah lokasi.

    Penggunaan Bora diyakini akan tidak mungkin, kecuali mendesak



    8. Tank Altay dan sebagainya

    Turki juga memiliki berbagai jenis tank seperti Altay, Tulpar dan Kaplan (diproduksi bersama Indonesia) yang belum muncul dalam konflik Suriah.




    9. Aselsan - Korkut SPAAG ACV-30



    10. Alpagu






    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email