• Breaking News

    Friday, January 26, 2018

    Selain Didukung AS, Ini yang Membuat #YPG/SDF #Kurdi Yakin Mengalahkan #Turki di #Afrin

    Tobapos -- Turki akhirnya marah besar ketika Amerika Serikat akan membuat 'pasukan perbatasan' yang terdiri dari kelompok Kurid YPG/SDF di utara Suriah.

    Bagi Turki YPG dan kawan-kawan di SDF merupakan sempalan PKK, kelompok terlarang yang terlibat serangkaian aksi terorisme di Turki.

    Walau pada awalnya SDF merupakan bagian dari oposisi FSA. Bahkan kelompok Kurdi mempunyai perwakilan Abdulbaset Sieda di kelompok oposisi tersebut. (baca)

    Tapi sulit untuk menentukan siapa kawan dan lawan dalam konflik Suriah yang semakin runyam. SDF misalnya mempunyai dukungan dari Amerika Serikat. Tapi, mereka juga mempunyai kerja sama dengan pasukan Rusia di kantong Afrin.

    Dalam perang melawan ISIS di Raqqah, SDF bersaing dengan pasukan Suriah dan Rusia untuk menguasai sumur minyak. Bahkan terlibat kontak senjata. Rusia berulang kali menuduh pasukan Kurdi SDF bersekongkol dengan ISIS.

    Namun, pasukan SDF yang didominasi oleh YPG dan sempalan lainnya, mendapat batuan militer besar-besaran dari AS. Selain menguasai lahan-lahan subur pertanian, mereka juga menguasai sumur-sumur minyak.

    Banyak yang menyebut Rojava, nama daerah yang dikuasai SDF di utara Suriah telah menjadi negara dalam negara (proto state) yang sudah 5 tahun belakangan memperkuat diri.

    Dalam beberapa serangan teror ke Turki, banyak warga sipil dan militer Turki yang tewas. Ini yang membuat YPG dkk percaya diri dapat mengalahkan Turki dalam operasi Rating Zaitun kali ini.

    Selain itu, beberapa persenjataan ini perkuat YPG/SDF dalam melawan Turki

    1. Dukungan milisi asing dan AS

    YPG didukung oleh ribuan milisi asing, mulai dari Inggris, Jerman dan seluruh Eropa. Ditambah dari Tiongkok dan Jepang. banyak milisi asing yang mempunyai kemampuan pasukan khusus.

    Selain itu secara diplomatik mereka lebih didukung AS melawan Turki walau keduanya sama-sama anggita NATO.

    2.  Dalam lima tahun belakangan, wilayah yang diduduki YPG telah diperkuat dengan parit-parit dan terowongan yang saling bersambung yang bertujuan untuk gerilya dalam jangka waktu yang panjang.

    3. Walaupun YPG/SDF berselisih dengan pemerintah Suriah, Presiden Bashar Alassad diperkirakan akan lebih memilih mendukung SDF melawan Turki, begitu juga Rusia.

    4. Kekuatan media Barat lebih suka menyudutkan dan mengeroyok Turki dalam segala kebijakan, sehingga YPG di atas angin.

    5. YPG/SDF telah memilih berbagai persenjatan canggih dalam jumlah besar, di antaranya:

    Tank





    Kendaraan tempur






    Pasukan terlatih (Dilatih Jerman dan Australia)




    Logistik yang cukup dan ketersediaan pasukan.

    YPG menerapkan wajib militer bagi setiap anggota keluarga yang tinggal di daerah kekuasaannya. Turki menganggap bahwa YPG memaksa warga untuk berperang.




    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Opini

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email