• Breaking News

    Friday, February 9, 2018

    Wagubsu Nurhajizah Marpaung Hadiri Haul ke 94 Tuan Guru Besilam

    Tobapos -- Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Hj Nurhajizah Marpaung bersama belasan ribu orang lainnya menghadiri puncak haul ke 94 wafatnya Syeikh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsabandi pada Rabu (7/2) di Desa Babussalam Langkat Sumut. Belasan ribu jemaah asal Sumut maupun luar provinsi dan sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai Darusalam secara khusus hadir memperingati haul tersebut.

    Baca: Dua PLTM di Desa Ini Terangi Toba Samosir

    Wagubsu Nurhajizah saat ditanyai tanggapannya, mengungkapkan apresiasi dan terimakasih kepada Tuan Guru Besilam dan para penerus saat ini yang dari sejak zaman penjajah dan hingga kini secara terus menerus berupaya meningkatkan ketakwaan para jamaah. “Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan terimakasih kepada tuan guru dan para guru lainnya yang hingga kini pun terus mengajak jamaah untuk menjadi pribadi yang bertaqwa,” ujar Nurhajizah.

    Baca: Merasakan Gurihnya Kopi Siborong-borong

    Dalam kesempatan itu, tampak juga hadir para pejabat dan ulama seperti Wakil Bupati Langkat , Ketua MUI Kota Medan Muh. Hatta, Sultan Langkat Azwar Aziz dan juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumut.

    Baca: Mandi Soda di Tarutung

    Pewaris dari Tuan Guru Besilam yaitu Syeikh H Hasyim Al Syarwani mengajak umat muslim untuk saling membantu dalam kebajikan dan juga menjaga ukhuwah islamiah. Hal tersebut katanya sebagaimana yang selalu diingatkan Syeikh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsabandi pada masa hidupnya.

    Baca: Potensi Tambang di Adian Koting

    Syeikh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsabandi dilahirkan dari pasangan Abdul Manaf bin Muhammad Yasin bin Abdullah Tambusai dengn Arbaiyah binti Dagi. Dikisahkannya tentang sejarah mulai dari kelahirannya tanggal 12 Rabiul Akhir 1230 H atau 28 September 1911 dan beliau wafat pada usia 115 tahun di Babussalam Langkat Sumut pada 21 Jamadil Awal 1345 H bertempatan dengan 27 Desember 1926.

    Baca: Tantangan Kuliner di Samosir

    “Semasa hidupnya, beliau tak hanya terkenal dalam menyebar agama Islam di daerah ini, juga dia melawan penjajahan di masa itu dan turut membantu para pejuang dalam meraih kemerdekaan,”jelasnya.

    Baca: Ini Daerah Pemasok Utama Kopi Starbucks

    Selain memberi ajaran agama, beliau juga mensejahterakan masyarakat khususnya di wilayah Babusallam misalnya membuka perkebunan jeruk manis dan kegiatan berniaga sesuai dengan syariat Islam. Haul guru ini diperingati setiap tahunnya dengan dimulai pada 27 Desember 2017 dan puncaknya 7 Februari 2018. “Selama 40 hari para jemaah yang hadir dari berbagai daerah melakukan zikir dan ibadah lainnya, selain beribadah juga mengingatkan betapa besar dan jasa pendiri dari pondok mandrasah Naqsabandi tersebut,” ujarnya.

    Baca: Mengenal Roket Terkuat SpaceX

    Peringatan haul diisi dengan haflah Al Quran, qasidah, pelaksanaan Ratib Saman tiga malam berturut-turut sesudah Isya di depan makam Tuan Guru Babussalam Syekh Abd Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi yang diikuti para khalifah dan peziarah.  (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Opini

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email