• Breaking News

    Saturday, March 17, 2018

    Indonesia Punya Pabrik Pembuat Bahan Baku Roket Pertama di Asia

    Tobapos -- PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah merampungkan proyek fasilitas penelitian dan pengembangan sarana dan prototipe nitrogliserin di Subang, Jawa Barat. Pabrik tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, hari ini (8/3/2018).

    Proyek sarana dan prototipe nitrogliserin sebelumnya telah dilakukan peninjauan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Hadiyan Sumintaatmadja pada 5 Desember tahun lalu.

    “Pabrik ini adalah yang pertama di Asia dan akan menjadi solusi bagi kebutuhan propelan rudal dan roket di Indonesia," jelas Direktur Operasi III Waskita Karya, Bambang Rianto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis ini.

    Proyek sarana dan prototipe nitrogliserin di Subang ini diperoleh Waskita Karya pada 2015 dengan nilai kontrak Rp 99 miliar (di luar PPN). Pekerjaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mencakup pekerjaan sipil, pekerjaan mekanikal dan elektrikal, dan pekerjaan instalasi main equipment.

    Indonesia saat ini memang tengah mengembangkan berbagai macam roket. Yang terbaru Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menguji coba roket eskperimen RX 450 dan RX 1220 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut, Jawa Barat. RX 450 merupakan roket terbesar yang pernah diluncurkan Lapan.

    Kepala Program Peluncuran Roket, Bagus H. Jihat mengatakan, program RX 1220 merupakan cikal bakal Roket R-HAN 122 B. Adapun uji terbang RX 450 sebagai penyempurnaan teknologi dari uji coba RX 450 yang diluncurkan pada 2015 dan 2016.

    “Untuk program 2018, diharapkan dapat dilakukan uji terbang RX 320 sistem separasi muatan,” kata Bagus melalui laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).  (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email