• Breaking News

    Friday, March 16, 2018

    Manfaat Kebun Raya untuk Kesehatan

    Tobapos -- Wakil Bendahara II Yayasan Kebun Raya Indonesia Karen Tambayong mengatakan, kebun raya memberikan banyak manfaat kesehatan bagi manusia.

    “Fungsi kesehatan yang diberikan oleh kebun raya bagi manusia adalah meningkatkan relaksasi, mengurangi stres dan depresi, mengurangi kecemasan dan ketakutan, meningkatkan fungsi kognitif, dan meningkatkan interaksi sosial,” kata Karen pada acara Media Gathering Jaga Bhumi 2018 di Jakarta, Kamis (15/3).

    Pohon sendiri, tambah Karen, dapat membantu imunitas tubuh. Salah satunya dengan gerakan tree hugger atau peluk pohon.

    “Berdasarkan penelitian Rook (2003), gerakan memeluk pohon dapat meningkatkan imunitas tubuh karena relaksasi dan terpapar oleh beragam mikroorganisme yang berasal dari alam,” jelas Karen.

    Manfaat kebun raya atau ruang terbuka hijau bagi anak-anak, lanjut Karen, akan menumbuhkan rasa empati dan sosial yang tinggi.

    “Kurangnya interaksi dengan alam berakibat terhambatnya perkembangan fisik, mental, dan akademis bagi anak,” ujar Karen.

    Selain manfaat bagi kesehatan, kebun raya juga bermanfaat bagi fungsi ekologis. Di antaranya memperkaya dan menjaga keanekaragaman hayati, memproduksi oksigen, mengurangi polusi udara, dan mengurangi efek Urban Heat Island.

    “Saat ini, kami sedang berusaha agar seluruh kota dan provinsi memiliki kebun raya. Nantinya, diharapkan para orangtua dapat membawa anak-anaknya ke alam terbuka, tidak hanya ke mall saja,” pungkas Karen. (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email