• Breaking News

    Tuesday, August 14, 2018

    Presiden @Jokowi Perkenalkan Risha, Teknologi Rumah Tahan Gempa ke Warga Lombok

    ilustrasi
    Tobaposcom -- Presiden Joko Widodo memastikan bantuan perbaikan rumah bagi warga terdampak gempa Lombok akan mulai disalurkan secara bertahap mulai Selasa (14/8/2018) hari ini. Bagi warga yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan berat, Pemerintah Pusat telah menganggarkan bantuan sebesar Rp50 juta untuk tiap kepala keluarga (KK).

    Di saat bersamaan, Jokowi memperkenalkan teknologi yang dinamakan Risha, kependekan dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Dia berpesan kepada warga Lombok agar membangun kembali rumahnya dengan teknologi tahan gempa. Teknologi Risha ini awalnya sudah disosialisasikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Keunggulan utamanya yakni tahan terhadap goncangan gempa.

    "Saya hanya ingin pesan, membangunnya nanti akan diawasi Pak Gubernur, kemudian akan diberikan bimbingan oleh Pak Menteri PUPR. Nanti membangunnya harus rumah yang tahan gempa. Namanya sistem Risha. Jadi kalau ada gempa itu tidak goyah," kata Presiden pada para pengungsi di lapangan Kantor Bupati Lombok Utara, Senin (13/8 2018) malam.

    Jokowi mengungkapkan, saat meninjau penanganan pengungsian dan sejumlah bangunan rusak di Lombok Utara, dia menerima informasi wilayah Lombok termasuk salah satu daerah rawan gempa. Karena itu dalam rapat terbatas yang sebelumnya digelar di lokasi yang sama, Presiden menginstruksikan Kementerian PUPR untuk memberi edukasi bagi masyarakat mengenai pembangunan rumah tahan gempa.  (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email