• Breaking News

    Friday, September 7, 2018

    Keren, Silangit Resmi Ganti Nama Jadi Bandara Raja Sisingamangaraja XII

    ilustrasi
    Tobaposcom -- Bandara Silangit berubah nama menjadi Bandar Udara Internasional Raja Sisingamangaraja XII.

    Perubahan nama itu ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1404 Tahun 2018 tentang Keputusan Menteri Perhubungan tentang Perubahan Nama Bandar Udara Internasional Silangat Menjadi Bandar Udara Internasional Raja Sisingamangaraja XII pada tanggal 3 September 2018.

    Mendahului perubahan nama itu, sebelumnya Perwakilan Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) bertemu Presiden Jokowi pada 10 Agustus 2018. Saat itu JBMI membahas pergantian nama Bandara Silangit dan mengusulkannya menjadi Bandara Internasional Sisingamangaraja XII.

    Jokowi, kata perwakilan ulama JBMI, setuju nama bandara Silangit diganti.

    "Presiden setuju diubah menjadi nama pahlawan Sisingamangaraja XII," jelas Ketua Dewan Ulama JBMI, Syeikh Ali Akbar Marbun, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8).

    Ali Akbar menyebutkan, tujuan perubahan nama itu semata-mata untuk mengingatkan kembali masyarakat Sumatera Utara terhadap pahlawan asli daerah.

    Saat itu pula, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor menyatakan peresmian Bandara Sisingamangaraja XII akan berlangsung pada September 2018, diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

    Sekilas info, Sisingamangaraja XII yang menjadi nama baru bandara internasional itu adalah seorang raja di Toba, Sumatera Utara. Dia pejuang yang berperang melawan Belanda.

    Sisingamangaraja kemudian diangkat pemerintah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 9 November 1961. Pengangkatan ini berdasarkan SK Presiden RI No 590/1961.

    Selain itu, untuk mengenang kepahlawanan Sisingamangaraja, namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di seluruh kawasan Republik Indonesia. (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email