• Breaking News

    Wednesday, March 30, 2022

    AS Sediakan Bantuan 183 Juta Dolar untuk Pemerintahan SDC/SDF Suriah

    Presiden Joe Biden dilaporkan mengusulkan pendanaan sekitar 183 juta dolar AS untuk membiayai operasional pemerintahan SDC/SDF Suriah.

    Usulan anggaran ini menjadi bagian dari pendanaan perang anti-ISIS yang totalnya sekitar 500 juta dolar AS.

    Pemerintahan SDC/SDF Suriah atau sering disebut juga sebagai Rojava Kurdistan menguasai 1/3 wilayah Suriah di bagian timur. Walau begitu sekitar 70 persen cadangan migas Suriah berada di wilayah ini khususnya Deir Ezzour.

    Pemerintahan ini dibentuk di Qamishli, Hasakah yang pada awalnya hanya sebuah 'dewan adat' untuk mengatur kehidupan sosial warga Kurdi di Suriah.

    Warga Kurdi di Suriah kebanyakan pengungsi dari Turki yang saat itu sedang berusaha mendirikan negaranya usai Ottoman runtuh.

    Walau sebagian dari warga Kurdi itu mendapat kewarganegaraan Suriah, namun lebih banyak lagi hidup terlunta-lunta tanpa dokumen.

    Namun, momen revolusi musim semi Arab menjadi momentum bagi warga Kurdi Suriah membentuk dewan adat mereka yang akhirnya dikuasai oleh PKK Turki dan mendirikan milisi YPG untuk memperkuat posisi Rojava.

    Kelompok ini kemudian diajak oleh AS dkk untuk memerangi ISIS di Raqqa dan membentuk pemerintahan lebih luas bernama SDC/SDF.

    Pemerintahan SDC/SDF memiliki perwakilan setara kedutaan di Mesir dan Liga Arab, di Kurdistan, Eropa, AS dan lain sebagainya.

    Di Suriah, saat ini terdapat empat pemerintahan walau rejim Bashar Al Assad masih diakui sebagai pemegang kursi di PBB.

    Tiga pemerintahan lainnya adalah pemerintahan SIG Suriah di bawah oposisi (SNC/SOC), pemerintahan penyelamat (SG) dan pemerintahan SDC/SDF.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Aneka

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita