• Breaking News

    Friday, May 20, 2022

    Politik Kabilah di Suriah, Jenderal Rashid Abu Khawla Jadi Emir Suku Al Baggara di Wilayah SDC/SDF/AANES

    Rashid Abu Khawla dapat disebut sebagai orang kuat di Deir Ezzour, khususya di wilayah yang dikuasai pemerintahan SDC/SDF/AANES Timur Suriah.

    Posisinya mirip Ramzan Kadyrov Presiden Chechnya di Rusia dan Jenderal Ahmed Oudeh di Daraa Suriah.

    Ahmed Oudeh merupakan eks oposisi yang kemudian rekonsiliasi di Daraa dengan pemerintah atas bantuan Rusia. Namun belakangan Oudeh dan pasukannya menjadi kaki tangan Rusia saat dimasukkan menjadi bagian dari militer Suriah.

    Oudeh dapat disebut sebagai 'warlord' jika mengambil perbandingan pada situasai politik Tiongkok usai runtuhnya Kaisar yang ditandai dengan suburnya peran para 'tuan perang'.

    Kembali ke Deir Ezzour yang merupakan wilayah yang dihuni oleh warga Sunni, mirip Daraa, Rashid Abu Khawla merupakan Pangdam atau Ketua Dewan Militer Der Ezzour dalam struktur pasukan SDF yang memerintah di sana.

    Meski sosoknya kontroversi karena pernah menjadi pemimpin sebuah geng mafia sebelum konflik, lalu menjadi pasukan oposisi, pindah menjadi ISIS lalu gabung menjadi SDF, nama Abu Khawla menjadi semakin harus usai diangkat oleh warganya menjadi Emir atau Amir pemimpin tertinggi Kabilah Al Baggara di wilayah SDF.

    Kabilah Al Baggara merupakan suku mayoritas di Suriah. Namun uniknya, merka tidak mayoritas di Deir Ezzour khususnya di Albu Kamal yang kaya minyak karena di sana ada Kabilah Al Uqaidat yang mayoritas.

    Konflik antara suku Al Baggara dengan Al Uqaidat ini sering meruncing sehingga mengganggu stabilitas keamanan lokal.

    Media luar jarang membahas konflik kedua suku ini yang sebenarnya berhubungan dengan penguasan 'konsesi' minyak namun disamaratakan menjadi kampanye anti-ISIS.

    Saling tuduh lawan sebagai ISIS di Suriah sudah jamak terjadi karena banyak warga memang sempat berada di bawah kekuasan ISIS. Bahkan pimpinan SDF saat ini adalh eks ISIS atau paling tidak kolaborator sebelum pindah posisi.

    Sebagai kabilah mayoritas, Al Baggara diperebutkan oleh empat pemerintahan di Suriah.

    Rejim Bashar Al Assad memberikan penguasaan Aleppo Timur eks wilayah oposisi ke kabilah ini. Mereka dapat mendirikan pemerintahan paralel di sana menyaingi pemda Aleppo yang secara struktur di bawah Kementerian Dalam Negeri Suriah.

    Pemerintahan interim (SIG) dan penyelamat (SG) juga memberikan posisi penting pada kabilah ini.

    Maka tak heran pemerintahan SDC/SDF/AANES Suriah juga berusaha merangkul anggota kabilah Al Baggara meski tetap memperkuat posisi kabilah lain seperti Al Shammar yang mempunyai pasukan elite bernama Al Sanadid.

    SDF bahkan memberikan posisi Gubernur Hasakah kepada tetua Al Shammar dengan balasan integrasi pasukan Al Sanadid dengan pasukan SDF yang didukung AS dkk.

    Sebagai Emir Kabilah Al Baggara, Abu Khawla tentu juga ingin memasukkan anggota keluarganya menduduki jabatan sipil di Deir Ezzour. Ini juga menjadi sumber konflik dengan kabilah Al Uqaidat yang juga ingin terlibat dalam pemerintahan sipil di Deir Ezzour.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Aneka

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita